Giat Germas Desa Tanah Merah 2021

Tanah Merah
Rangsang Pesisir
Kepulauan Meranti
Riau
Indonesia
Tanah Merah 04 April 2021

Minggu O4 April 2021 Kepala Desa Tanah Merah Bersama Ibu-Ibu desa Tanah Merah Sedang Melakaksanakan Kegiatan Senam Bersama,Kegiatan Senam Bersama Ini sudah menjadi kegiatan Rutin Ibu-ibu desa Tanah Merah setiap minggu pagi dalam rangka mengikuti gerakan hidup sehat.

GERMAS adalah sebuah gerakan yang bertujuan untuk memasyarakatkan budaya hidup sehat serta meninggalkan kebiasaan dan perilaku masyarakat yang kurang sehat. Aksi GERMAS ini juga diikuti dengan memasyarakatkan perilaku hidup bersih dan sehat.

GERMAS – Mengatasi masalah kesehatan masih menjadi sebuah tantangan serius di Indonesia. Kini setidaknya masih ada triple burden atau tiga masalah kesehatan penting terkait pemberantasan penyakit infeksi, bertambahnya kasus penyakit tidak menular dan kemunculan kembali jenis penyakit yang seharusnya telah berhasil diatasi.

Perubahan pola hidup masyarakat yang makin modern menjadi salah satu dasar GERMAS atau Gerakan Masyarakat Hidup Sehat dicanangkan oleh Kementrian Kesehatan Republik Indonesia. Penyakit menular seperti diare, tuberkulosa hingga demam berdarah dahulu menjadi kasus kesehatan yang banyak ditemui; kini telah terjadi perubahan yang ditandai pada banyaknya kasus penyakit tidak menular seperti diabetes, kanker dan jantung koroner.

Senam ,merupakan salah satu dari beberapa kegitatan gerakan masayarakat hidup sehat di desa tanah merah ,turut hadir di kegiatan senam bersama masyarakat 4 dusun desa tanah merah itu Bapak rusli Kepala desa Tanah merah dan di dampingi oleh ibu kades..,dalam kesempatan ini bapak kepala desa Tanah Merah memberikan Apresiasi Kepada Ibu Kader yang selalu aktif dalam setiap kegiatan ,baik itu kegiatan germas,Phbs ,desa siaga maupun kegiatan lainya.

Selain itu juga ini merupakan langkah pencegahan dan menjaga diri dari Virus Corona adalah dengan menerapkan GERMAS (Gerakan Masyarakat Hidup Sehat). Adapun caranya adalah dengan beberapa kegiatan berikut:

Rajin cuci tangan pakai sabun

Makan dengan gizi yang seimbang

Rajin berolahraga dan istirahat yang cukup

Jaga kebersihan lingkungan

Tidak merokok

Minum air mineral 8 gelas/hari

Makan makanan yang dimasak dengan sempurna dan jangan makan daging dari hewan yang berpotensi menularkan

Bila demam dan sesak nafas, segera ke fasilitas kesehatan

Gunakan masker bila batuk atau tutup mulut dengan lengan atas bagian dalam

Jangan lupa berdoa

Itulah beberapa cara mencegah virus Corona dengan GERMAS. Dengan meningkatkan kesehatan diri sendiri dan keluarga, dapat menciptakan lingkungan yang bersih dan dapat mengurangi risiko terkena penyakit.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :