TANAH MERAH LAGI MUSIM UDANG PEPAI

tanahmerah_kepulauanmeranti.desa.id

Tanah Merah 09 Oktober 2019,Desa Tanah Merah Salah satu desa yang berada di pesisir Pulau Rangsang, sebagai Salah satu Desa perbatasan terluar yang langsung berhadapan dengan Selat Malaka memiliki Desa Ini memiliki sumber daya alam yang melimpah, diantara nya di bidang kelautan dan perikanan. Setiap tahun hasil laut di Desa Tanah Merah bisa Mencapai Ratusan Ton, hasil laut itu diantaranya seperti ikan, Udang,kerang, lokan, rama-rama, kepiting, dan lain sebagainya.

Oleh karena itu di Desa Tanah Merah, nelayan menjadi sumber potensi kedua pendapatan dan penghasilan bagi masyarakat. Dikarenakan hal itu tersebut maka sebagian besar penduduk di Desa Tanah Merah berprofesi sebagai nelayan untuk kegiatan sehari-harinya, terutama ada di satu Dusun di Desa Tanah Merah yang 97% penduduknya sebagai nelayan dan akhirnya Dusun tersebut di beri nama Dusun Parit Nelayan.

  Jpeg

Untuk Udang Sendiri memiliki beberapa jenis ,Untuk Dalam Minggu ini ( Minggu Pertama Bulan Oktober ) Desa Tanah Merah Sedang Musim Udang Pepai,Musim udang pepai ini diperkirakan sampai minggu kedua Bulan Oktober,Berdasarkan hasil wawancara Tim Desa Broadband Desa Tanah Merah dengan salah seorang Nelayan yang sedang menjemur udang Pepai,Untuk harga Udang pepai Sendiri mencapai Rp.22.000 Paling Rendah 20.000.

Proses Pencarian Udang Pepai sendiri sampai terjual terjual melalui proses yang lumayan panjang diantaranya,Nelayan Harus Pergi melaut dalam istilah orang Desa Tanah Merah Pergi Menyungkur,setelah dapat udang pepai ,Udang tersebut di jemur ,dengan Kurun Waktu 5,6,sampai 7 jam ,Kalau Panas Terik 5,6,7 jam udang tersebut sudah kering namun kalau kondisi cuaca tidak bagus udang tersebut dijemur lagi pada besok hari,Malangnya kalau pada saat hujan udang tersebut busuk tidak lagi bisa dijual hanya bisa di olah menjadi terasi,( Belacan ) Tutur salah seorang Nelayan Kepada Tim Desa Broadband.

Harapan mereka ke depan agar kiranya ada bantuan dari pemerintah untuk alat pengering Udang Pepai dan  mereka mengharapkan adanya bimbingan teknik tentang pengolahan hasil laut, pemasaran hasil laut, serta bimbingan di bidang lainnya agar ketika tidak bisa melaut, mereka masih bisa mendapatkan penghasilan dari pekerjaan lainnya selain nelayan..

 

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :