KESEDERHANAAN MASYARAKAT SUKU AKIT PERLU DIPERHATIKAN

 

Masyarakat suku Akit yang merupakan suku asli di desa tanjung sari desa tanah merah, Kabupaten kepulauan meranti , membutuhkan perhatian Pemkab meranti. Hal ini mengingat suku Akit, sebagai suku asli memiliki kekayaan kultural sebagai komunitas adat terpencil. Salah satunya yang harus diperhatikan dari segi pendidikan maupun tempat tinggal mereka dan sangat membutuhkan bantuan dari pemerintah daerah ataupun pemerintah setempat.

Seiring perkembangan zaman, sebagian suku akit mulai memeluk agama lain seperti Islam dan Kristen,.Selain hidup di sekitar sungai untuk mencari makan untuk sehari hari, Suku akit juga hidup di hutan-hutan dan mencari nafkah dengan berburu. Suku akit sendiri kerap nomaden (berpindah-pindah).

Namun seiring perkembangan zaman, suku ini pun tak lagi bergantung pada hasil hutan dan laut . Mereka mulai mengenal bercocok tanam sehingga sebagian dari mereka akhirnya berkebun dan menyadap getah karet.

Di desa tanah merah Pemerintah sendiri tak tinggal diam dengan hal ini dan mulai mendirikan pemukiman tetap bagi Suku Akit. Lewat kepedulian pemerintah ini pula, suku Akit mulai mengenal bercocok tanam dan cara bertani yang lebih modern.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.