GELIAT PKK DESA TANAH MERAH

Desa Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Provinsi Riau,PKK Desa Tanah Merah melaksankan berbagai kegiatan ,salah satunya yang dilaksankan oleh kelompok pokja tiga ada pun Kegiatan PKK Pokja 3 yang di pimpin  Ibu Asniar,ibu Asniar mengajak ibu – ibu anggota PKK untuk lebih peduli pada lingkungan, dengan cara memanfaatkan lahan yang ada di pekarangan rumah untuk ditanami sayur – sayuran. “Minimal di rumah ada  yang ditanami Mentimun”, Kata Ibu Asniar. Pemanfaatan lahan di rumah ini juga dapat mengurangi biaya untuk membeli sayuran. Ibu Asniar juga mengajak ibu – ibu PKK untuk memisahkan antara sampah organik dan anorganik.

Jpeg

Kegiatan yang di buat oleh kelompok PKK Di pokja 3 ini merupakan salah satu contoh kegiatan yang bisa di tiru oleh kelompok pokja-pokja lainya,saat ini kelompok PKK Di Pokja 3 sudah banyak macam jenis Tanaman yang di tanam bahkan hasil panen meraka sudah mereka jual,ada yang di jual dalam masih kondisi mentah dan ada juga yang sudah di olah,salah satu jenis yang di olah yakni mereka mengolah keripik ubi dan keripik pisang,hal ini tidak sampai disini mereka juga mengkolaborasi keripik-keripik tersebut dengan bumbu terpung ikan yang di oleh oleh koperasi sinar bahari desa Tanah Merah,Untuk pemesaran saat ini di bantu oleh BUM Desa Tanah Merah Jaya.

Dalam kesempatan ini Tim Broadband Desa Tanah merah berkunjung langsung untuk meliahat kegiatan yang dilaksankan oleh kelompok PKK pokja 3 saat kunjungan, mereka sedang bergotong-royong memelihara dan menanam Mentimun yang didampingi oleh anggota PKK Pokja 3 tersebut.PKK melibatkan gotong-royong seluruh anggota dalam memanfaatkan perkarangan rumah/Kebun Dalam skala luas akan melibatkan seluruh anggota PKK Pokja III.

Kegiatan  PKK  Pokja III ini merupakan contoh  pembinaan kepada masyarakat  mengenai  arti penting pekarangan sebagai sumber  pangan dan gizi keluarga .Menurut Cerita Ketua Kelompok setelah Panen dan terjual Uang nya digunakan untuk membeli lagi bibit sayuran lainnya untuk di tanami kembali

Kegiatan PKK sangat berguna untuk ibu – ibu, selain mendapatkan ilmu ibu – ibu PKK juga cepat mendapatkan informasi. Informasi yang didapatkan misalnya tentang masalah – masalah yang ada di desa seperti Perekonomian.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.