TRADISI NGUNDUH MANTU MASYARAKAT JAWA DESA TANAH MERAH

Tradisi ngunduh mantu sudah menjadi adat jawa di Desa Tanah Merah dusun Tanjung Sari Tradisi yang dilakukan  oleh orang tua mempelai pria di rumahnya dengan mendatangkan kedua pengantin dan keluarga mempelai wanita di sebut dengan Upacara ngunduh mantu, biasanya acara ini dilangsungkan setelah lima hari sejak digelarnya upacara pernikahan yang sudah di gelar sebelumnya.

Di Desa tanah merah  para perempuan yang telah menikah biasanya akan diboyong oleh pengantin pria dan kemudian bertempat tinggal di kediaman pengantin pria/suami. Seorang suami mempunyai peranan penting sebagai pelindung, pengayom, sekaligus memberi nafkah bagi istri dan anak-anaknya nanti.

Prosesi ngunduh mantu seringkali dilakukan lebih sederhana jika dibandingkan dengan prosesi pernikahan yang diselenggarakann oleh pihak keluarga mempelai wanita, Setiba ditempat biasanya

manten beserta keluarga dan pengiringnya akan disambut oleh mempelai pria,dalam prosesi manten putri akan diserahkan ke pada keluarga suami dan biasanya diwakilkan oleh orang yang dituakan oleh keluarga pengantin putri, acaranya berlansung sederhana dan umumnya ditangguh pihak mempelai pria tidak melibatkan pihak mempelai  putri.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :