3 Tahun Bersama Program Desa Broadband

 

DAMPAK PROGRAM DESA BROADBAND

BAGI MASYARAKAT DESA TANAH MERAH K HUSUSNYA

DAN DESA –DESA TETANGA PADA UMUMNYA 

 

JUDUL tersebut di atas merupakan petikan iklan sebuah perusahaan layanan internet berjudul Internet Goes to vilage. Iklan tersebut menunjukkan bahwa masyarakat di pedesaan sudah saatnya mengenal internet. Kebutuhan internet tidak lagi menjadi monopoli masyarakat perkotaan.

Desa Tanah Merah adalah salah satu dari 50 desa Se Indonesia Pada Tahun 2015 Yang lalu yang mendapatkan bantuan Program DESA BRODBAND dari Kementrian Komunikasi dan Informasi Republik Indonesia,hal ini merupakan salah satu berkah bagi masyarakat desa Tanah Merah,karena program ini sangat bermanfat sekali,Program ini merupakan salah satu Langkah Pemerintah Indonesia dalam Membangun desa,Sesuai dengan Nawacita Presiden Kita Membangun Dari Desa.

Menurut Salah satu pengelola Desa Broadband program ini Alhamdulilah sampai saat ini masih tetap eksis dan Masih sangat Dibutuh kan Masyarakat desa Tanah Merah,Bahkan Masyarakat desa Tanah Merah Berharap Program ini Bisa ditambah dalam arti kata Masyarakat desa Tanah Merah Berharap adanya Perluasan Jaringan,Bukan hanya Masyarakat Desa Tanah Merah bahkan seluruh masyarakat di wilayah Kecamatan Rangsang Pesisir,karena hanya di desa Tanah Merah  ini satu-satunya yang ada program internet ini

Jpeg

Seperti yang kita ketahui bersama Intenet merupakan suatu jaringan yang luas,pemanfaatan internet sangatlah dibutuhkan terutama kita sebagai masyarakat perdesaan yang jauh dari perkotaan, untuk mengakses suatu informasi tentunya kita membutuhkan jaringan internet, Beruntung Didesa Tanah Merah sudah memiliki jaringan tersebut yakni jaringan internet yang di beri nama Desa Brodband terpadu,Menurut Kepala Desa Tanah Merah bukan semua desa yang dapat bantuan tersebut katanya pada periode pertama tahun 2015 hanya 50 desa Sampai hari ini penggunjung yang meggunakan program desa Broadband ini tak pernah surut apa lagi saat ini momen penerimaan Pedaftaran Seleksi CPNS.

Selain itu juga Manfaat internet yang sangat banyak bagi masyarakat kami,diantaranya  membuat semua orang ingin mengetahui dan menguasainya. Internet membuat batas antar daerah bahkan antar negara seolah telah sirna. Kita dapat berkomunikasi dan mengirim berita  ke seluruh penjuru dunia secara realtime .

Dulu, untuk dapat berbincang-bincang dengan orang lain, kita harus berkunjung ke rumah yang bersangkutan. Untuk mengirim berita, kita harus menulis surat. .

Sekarang, kedua kebutuhan di atas dapat dipenuhi dengan internet. Berkunjung diganti dengan chatting, mengirim surat diganti dengan mengirim email .

Selain kedua  hal tersebut di atas, internet juga menyediakan ribuan informasi dan hiburan. Kita dapat melihat profil daerah, perusahaan, sekolah, lembaga dan selebritis favorit pada website-nya masing-masing bahkan internet juga menjadi tempat sara belajar bagi masyarakat seperti belajar mengolah bahan-bahan mentah yang ada didesa kami ( Udang ,Ikan Kelapa Dll)Bukan hanya itu internet di desa kami ini juga dijadikan sebagai saran promosi,mencari pekerjaan dll

Manfaat internet ini secara sepesifik bagi Masyarakat,Pelajar,Mahasiswa,Sekolah, Serta Instansi-instansi lainya

a.Masyarakat

Bagi masyarakat Desa Tanah Merah Dan desa –Desa Tetangga

1.Dapat Mencari dan berbagi Informasi

2.Sumber Ilmu Untuk Mengolah Hasil Pertanian Dan Prikanan seperti mencari bagaimana cara

mengolah Kerupuk Udang,Kerupuk Ikan Dll

3.Mempromosikan Hasil Pertanian Dan Prikanan sepeti Mempromosikan hasil pengolahan

kerupuk udang ,Mempromosikan Pohon seribu guna ( Kelapa) mempromosikan Kopi yang

telah di olah menjadi Kopi luak

4.Dapat Mencari Informasi tentang desa

b.Bagi Pemerintahan Desa dan Pemerintah Kecamatan

  1. Dapat Menampilkan Informasi desa Melalui website

2.Dapat Mencari informasi mengenai program yang masuk kedesa

3.Dapat Mengusulkan program desa ke beberapa instansi terkait

4.Dan dapat meneriman serta menyampikan informasi dengan cepat.

  1. Bagi Pelajar/Mahasiswa

1.Dapat mencari tugas-tugas yang diberikan guru atau dosen

2.Dapat mengirim dan memerima tugas-tugas yang diberikan

3.dll

d.Bagi Sekolah-sekolah

1.Membuat data Simpatika

2.Membuat data emis

3.Resgistrasi Pajak

4.Dll

Dampak website desa  secara Umum

  1. Internet sebagai media komunikasi, merupakan fungsi internet yang paling banyak digunakan dimana setiap pengguna internet dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya dari seluruh dunia.
  2. Media pertukaran data, dengan menggunakan email, newsgroup, ftp dan www (world wide web – jaringan situs-situs web) para pengguna internet di seluruh dunia dapat saling bertukar informasi dengan cepat dan murah.
  3. Media untuk mencari informasi atau data, perkembangan internet yang pesat, menjadikan www sebagai salah satu sumber informasi yang penting dan akurat.
  4. Kemudahan memperoleh informasi yang ada di internet sehingga manusia tahu apa saja yang terjadi.
  5. Bisa digunakan sebagai lahan informasi untuk bidang pendidikan, kebudayaan, dan lain-lain
  6. Kemudahan bertransaksi dan berbisnis dalam bidang perdagangan sehingga tidak perlu pergi menuju ke tempat penawaran/penjualan.
  7. Mengoptimalkan produktivitas mata pencaharian mayoritas masyarakat pada daerah pesisir, pertanian, dan pedalaman melalui pemanfaatan TIK
  8. Mengoptimalkan harga jual hasil produksi masyarakat melalui pemanfaatan TIK
  9. Mengoptimalkan kualitas hidup masyarakat pada bidang kesehatan, pendidikan, keamanan, dan komunikasi melalui pemanfaatan TIK

Melihat dampak  dari Website Desa  ini maka dapat disimpulkan bahwa desa kami sangat membutuhkan ya bahkan kami selaku pemerintah desa menyampikan aspirasi dari masyarakat kami agar jaringan atau jangkauannya di perluas karna untuk saat ini jangkauan sinyalnya hanya 50m, dan adanya penambahan alat pendukung seperti pc dll serta pembanguna gedung tempat sarana broadband ini karna sampai saat ini masih menumpang di kantor desa

Arus global yang sangat kuat sehinga masyarak di setiap pelosok wilayah Indonesia perlu mengetahui tentang informasi yang ada, Untuk itu sangat tepat lah program desa broadband ini dijalankan ,untuk itu kami selaku pemerintah desa seta semua elemen masyarakat desa Tanah Merah mengucapkan terima kasih kepada Presiden RI ,Kementrian Kominfo serta Pelaku –Pelaku Desa Broadband atas kepercayaan yang telah diberikan kepada desa kami untuk mengelola Program Desa Broadband Terpadu Ini

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :