Harga Kelapa Menurun Ekonomi Petani Mulai Terancam

Tanah Merah Para petani buah kelapa di Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti , Tanah Merah  akhir-akhir ini menjerit. Pasalnya, harga jual buah kelapa yang semula Rp2900 per kilo kini merosot tajam hingga Rp1050 per buah dan sampai Rp800 per kilo menjelang lebaran, dan sampai sekarang ini harga kelapa Rp1050 per kilo.

Sejumlah petani pun dibuat kalang kabut dengan harga di luar ekspektasi. Akibatnya, mereka hanya bisa pasrah tanpa bisa berbuat banyak. Salah seorang petani kelapa Desa Tanah Merah Dusun tanjng sari , budi mengaku harga komoditas perkebunan berupa kelapa saat ini merosot tajam buah banyak harga tidak stabil.

Meski harga kelapa sangat rendah petani terpaksa tetap menjual hasil panen. Sebab bila dibiarkan kelapa bisa menjadi bibit atau pun membusuk dan kebutuhan hidup sehari-hari dapat terancam, sedikit banyak ekonomi masyarakat desa tanah merah bergantung dengan hasil kelapa.

warga berharap anjloknya harga kelapa ini menjadi perhatian Pemerintah Provinsi Riau dan khususnya Kabupaten Kepulauan Meranti,

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :