INI TANAMAN SELA TANAH MERAH

tanah merah kepulauan meranti.desa id

Desa Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti,Satu lagi prospek pertanian yang sedang tren di Desa Tanah Merah ,Yakni Buah Naga ,Siapa Yang tak kenal dengan Tanaman Satu ini,Buah naga atau dragon fruit memang belum lama dikenal, dibudidayakan, dan diusahakan di Desa Tanah Merah. Tanaman dengan buahnya berwarna merah dan bersisik hijau ini merupakan pendatang baru bagi dunia pertanian Tanah Merah, dan merupakan salah satu peluang usaha yang menjanjikan dan pengembangan tanaman buah naga sangat bagus dibudidayakan didaerah tropis seperti di desa Tanah Merah ini.

Sejarah Penyebaran Buah Naga.
Tanaman kaktus ini berasal dari Negara Mexico, Amerika Tengah, dan Amerika Utara dan saat ini sudah menyebar diseluruh penjuru dunia. Di daerah asalnya buah naga ini dinamai pitahaya atau pitaya roja. Penduduk disana sering memanfaatkan buah ini untuk dihidangkan sebagai buah konsumsi segar dimeja hidangan.

Tetapi dalam perkembangannya buah naga lebih dikenal sebagai tanaman dari Asia karena sudah dikembangkan secara besar-besaran di beberapa Negara Asia terutama Negara Vietnam dan Thailand. Pada awalnya tanaman ini ditujukan sebagai tanaman hias, karena bentuk batangnya segitiga dan berduri pendek dan memiliki bunga yang indah mirip dengan bunga Wijayakusuma berbentuk corong dan mulai mekar disenja dan akan mekar sempurna pada malam hari. Karena itulah tanaman ini juga dijuluki night blooming cereus.

Didesa Tanah Merah Tanaman ini di jadikan tanaman sela ,ditanam disela-sela pohon Kelapa,dari hasil pantauan walau pun tanaman ini menjadi tanaman sela namun buahnya terlihat lumayan bagus,bahkan hari ini sudah ada masyarakat desa Tanah Merah yang menjadikan buah naga ini menjadi tanaman inti.

Berbicara masalah pemasaran dan harga ,sampai hari ini menurut salah seorang pemilik perkebunan tidak susah untuk menjualnya bahkan belum sempat masak sudah ada saja masyarakat desa tanah merah yang menempahnya,untuk harga biasa kita jual perbiji,satu biji berkisar antara Rp 6000-7000 kalau perkilogram Rp 30.000.tukasnya.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :