Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan Suci Ramadhan Ikatan Remaja Masjid Desa Tanah Merah menyelenggarakan aktifitas keagamaan yakni mengadakan kegiatan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) 

Dalam rangka mengisi kegiatan di bulan Suci Ramadhan Ikatan Remaja Masjid Desa Tanah Merah menyelenggarakan aktifitas keagamaan yakni mengadakan kegiatan Kuliah Tujuh Menit (Kultum) 

Tanah Merah, Kamis 17 Mei 2018. Diawal hari pertama di bulan Puasa (bulan Ramadhan), Kultum disampaikan oleh Nadila Atika Putri  Kegiatan ini berlangsung di Masjid Nurunnajjah Desa Tanah Merah, kultum ini akan berlanjutan selama buan suci romadhan dan akan diisi oleh para anak sekolah guna membangun mental serta pengetahuan pelajar tersebut.

Dalam ceramah Kultumnya mengajak para Jamaah untuk memanfaatkan momentum bulan suci Ramadhan, karena bulan suci Ramadhan adalah salah satu bulan Tasbiah, dimana bulan tempat belajar mengerjakan amalan-amalan baik dengan pahalanya yang berlipat ganda dari Allah AWT dan sama dengan mengerjakan amalan wajib.

Dalam kultumnya  juga menjelaskan tentang 7 (tujuh) Keutamaan bulan Ramadhan bagi Umat islam, antara lain ; Pertama, Bulan Ramadhan merupakan bulan dimana kitab suci umat Islam (Al-Qur’an) pertamakali diturunkan. Kedua, sebagai umat Islam yang menjalankan amalan sholeh dan kewajiban seorang muslim pada bulan ramadhan akan mendapatkan balasan berlipat ganda, sampai sebagai 70 kali lipat. Ketiga, pada bulan puasa seorang muslim berkesempatan untuk kembali ke jalan yang baik dan mendapat keberkahan yang nilainya sama dengan seribu bulan. Dan Keempat, Ramadhan Bulan Pengampunan Dosa.

Selanjutnya, Kelima, Pintu Surga Dibuka, Pintu Neraka Ditutup. Selebar-lebarnya pintu untuk kembali ke jalan yang lurus pada bulan Ramadhan dibuka bagi umat Islam. Sesuai Hadist ini: “Jika datang Ramadhan, maka dibukalah pintu-pintu surga, ditutup pintu-pintu neraka dan syetan dibelenggu.” (HR. Muslim).

Keenam, Bulan yang Mendidik untuk Mencapai Ketaqwaan, Menahan haus, lapar dan amarah merupakan jalan menuju sifat-sifat sabar yang taqwa. Itulah mengapa berpuasa sebulan penuh pada Ramadhan dapat membimbing umat Islam mencapai ketawaan. Ketujuh, terdapat Malam Lailatul Qadar, dimana malam tersebut baik diisi doa-doa yang baik dan mukjizat dapat turun pada umat Islam pada malam Lailatul Qadar tersebut.Malam kemuliaan itu lebih baik dari seribu bulan.

Ikatan Remaja Masjid Desa Tanah Merah mengadakan kegiatan tersebut bertujuan agar mendidik dan melatih pengetahuan serta mental para remaja dan pelajar supaya menjadi generasi yang berakhlakul karimah serta mengikat dan mempererat tali persaudaraan sesama umat muslim.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :