Gembira Kelompok Tani Desa Tanah Merah dapat Bantuan Bibit Kelapa HIBRIDA

Siapa yang tak kenal dengan buah kelapa?? kelapa merupakan komoditas penting dalam industri dunia dan merupakan bisnis yang menjanjikan. bahkan buah kelapa ini tak hanya buahnya saja yang bermanfaat, tetapi seluruh bagian dari pohon kelapa pun bermanfaat misalnya batang, daun dan bunga kelapa.Tentu saja, tanaman kelapa pun harus di lakukan peremajaan kembali di saat pohon kelapa tersebut sudah tidak produktif lagi dan sudah berusia tua. Contohnya saja, kelapa yang sudah berumur 50 tahun lebih atau tingginya sudah mencapat 15 meter sudah layak diremajakan dengan tanaman baru.  Salah satu yang penulis ingin bahas tentang Kelapa Hibrida yang merupakan persilangan antara kelapa dalam dan kelapa genjah. Dalam hal Ini Kelapa Hibrida merupakan jenis kelapa yang tepat untuk mendapatkan pemanenan buah kelapa yang  jauh lebih banyak dan berkualitas. Dengan buahnya yang lebat, Kelapa Hibrida ini ternyata mampu untuk menghasilkan buah setelah 4-5 tahun setelah masa tanam. serta pohonnya yang tidak terlalu tinggi menjadi kelebihan jenis kelapa hibrida ini, dengan pohon yang rendah tentunya lebih memperkecil resiko dan mempermudah dari pemanenan buah kelapa ini.

Berbicara Masalah Kelapa Desa Tanah Merah Merupakan Salah satu dari sekian banyak desa Yang ada di Kabupaten Kepulauan Meranti ini yang Memiliki Komoditas tertinggi,Bahkan banyak Masyarakat desa Tanah Merah yang bergantung Hidup Dari Komoditas Kelapa,Hari ini banyak Pohon-pohon kelapa masyarakat Desa Tanah Merah yang sudah tua dan Butuh peremajaan,Alhamdulilah Salah satu dari sekian banyak Kelompok Tani ,Kelompok Tani SUBUR MAKMUR dan Sepakat Desa Tanah Merah Mendapat bantuan Bibit Kelapa Hibrida tersebut,Kelompok Tani desa Tanah Merah ini sengaja meminta bantuan bibit kelapa Hibrida karena Kelapa Hibrida ini memiliki keunggulan yang lebih ketimbang jenis kelapa lainya ada pun kelebihanya antara lain:

  1. Lebih cepat berbuah, dalam jangka waktu 3-4 tahun sudah dapat dipanen buahnya.
  2. Produktivitas sekitar 140 butir/ pohon/ tahun
  3. Produksi kopra tinggi sekitar 6-7 ton per Hektar setiap tahunnya pada umur tanaman 10 tahun.
  4. Daging tebal, keras dan kandungan minyaknya tinggi.
  5. Produktivitas tandan buah, sekitar 12 tandan dan berisi sekitar 10-20 butir buah kelapa. sedangkan daging buah mempunyai ketebalan sekitar 1,5 cm.

Namun hari ini Petani Kelapa Desa Tanah Merah Galau,karena harga kelapa jauh merosot yang biasanya 2500,2600 per Kilogram sekarang hanya Tinggal 1200 Perkilogram,wajar bila dikatakan Nasib petani Kelapa desa tanah merah tak seindah syair yang menjadi salah satu lagu wajib nasional itu( “Tanah airku aman dan makmur, Pulau kelapa yang amat subur,” demikian sepenggal syair lagu berjudul Rayuan Pulau Kelapa, salah satu karya monumental komponis besar Ismalil Marzuki.

 

Harapan Masyarakat desa Tanah Merah moga permasaalahan ini ada solusinya dan perlu adnya terobosan bagaimana caranya kita di kabupaten kepulauan meranti ini memiliki Pabrik pengolahan Kelapa sendiri sehingga kita tidak lagi bergantung pada daerah lain,kalau seperti ini kita masih bergantung dengan daerah  Lain ,Selain itu, kelapa merupakan penghasilan andalan bagi sebagian masyarakat , dan menjadi penopang perekonomian keluarga ekonomi masyarakat akan stabil jika harga kelapa sebanding dengan kebutuhan sehari hari.

 

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :