Aspek perekonomian dan Mata Pencaharian Desa tanah Merah

Jpeg

Desa Tanah Merah adalah desa yang  terletak di Dipingiran Pantai yang berhadapan dengan selat melaka. Desa tanah merah hanya memiliki empat dusun ,Mayoritas mata pencaharian penduduk adalah petani dan Nelayan. Hal ini disebabkan karena sudah turun temurun sejak dulu, Desa Tanah merah  memiliki beragam jenis kekayaan alam karena didukung oleh kondisi alamnya yang terbilang cukup baik seperti  ketersediaan air yang selalu berlimpah sepanjang tahunnya. Kondisi alam ini biasanya dimanfaatkan oleh masyarakat Desa Tanah merah untuk kegiatan mata pencaharian mereka seperti untuk bertani, berkebun, beternak, dan lain lain, Kondisi alam yang dimiliki oleh Desa  ini sangat berpotensi untuk dikembangkan dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya melalui peningkatan perekonomian dari masyarakat kita sendiri. Tapi sayangnya desa tanah merah ini akan terancam hilang apabila tidak cepat dibenahi , abrasi yang  sekarang sering menghantam bibiran pantai akibat faktor alam yang sering  berubah .

Selain memiliki kondisi alam yang terbilang baik dan sangat berpotensi untuk dikembangkan, Desa tanah merah juga memiliki berbagai potensi-potensi di bidang lain yang dapat pula dikembangkan sehingga dapat meningkatkan citra Desa tanah merah dimata masyarakat desa tetangga khususnya ataupun dimata masyarakat Indonesia pada umumnya. Potensi tersebut dapat dilihat dari bidang ekonomi dan Kelompok Tani yang bergerak diberbagai bidang seperti di bidang pertanian, dan perkebunan.

Desa Tanah merah  juga berpotensi untuk mengembangkan usahanya di bidang pertanian,, dan perkebunan karena Desa Utama memiliki  kelompok tani yang bergerak  bidang tersebut yang dikoordinasi oleh GAPOKTAN atau Gabungan Kelompok Tani yang bertempat di Dusun Tanjung sari dengan diketuai oleh Bapak marianto dan bapak  Amir Di bidang pertanian, Desa tanah merah memiliki 2 kelompok tani yaitu Kelompok Tani Subur makmur dan sahabat ,

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :