Alat Tradisional Penangkap Ikan Suku Akit

Suku Akit Desa Tanah Merah memang istimewa karena keahliannya melaut. Mereka punya alat menangkap ikan yang agak berbeda, namanya Togok. Kepiawaian Suku akit saat melaut tidak perlu diragukan lagi. Cara mereka menangkap ikan pun berbeda Bukan dengan  tapi dengan Togok. Togok merupakan alat penangkap ikan yang di pasang di tengah laut menjelang aer mulai pasang tinggi dengan kayu seperti pagar melengkung dan dibentang jaring halus di pagar kayu. Setelah aer mulai mengecil alias surut mereka mulai melihat alat penangkap ikan tersebut, ikan yang tertakap pun bermacam macam seperti udang,ikan, ketam,dan hewan laut lainya.

Alat penangkat ikan ini memang agak berbeda dengan lainya tidak menguras tenaga,tapi hasilnya cukup memuaskan,dan cukup untuk penghasilan sehari hari, mata pencaharian dan hasil alam Sebagian besar dari masyarakat di suku asli Akit ini bertahan hidup dengan hasil laut serta hasil hutan yang ada di sekitar mereka. Masyarakat Akit hidup dengan kegiatan yang ada . Selain itu, juga kegiatan menangkap ikan. Jadi, alam juga merupakan faktor pendukung paling utama dalam kelangsungan hidup masyarakat Akit.

Tidak suku Akit saja yang memakai alat penangkap tradisional ini, tetapi dengan seiringnya waktu berjalan, orang-orang suku lain juga ikut menggunakan alat tradisonal ini. Banyak orang yang senang khususnya  menggunakan Togok untuk mencari ikan, karena prosesnya yang cukup mudah dan bisa banyak menghasilkan ikan tanpa harus bersusah payah mendapatkan ikan dengan cara memancing.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :