Ombak Tinggi mengakibatkan Dua Buah Kapal Nelayan Karam

Tanah Merah Kepulauan Meranti.desa.id

Tanah Merah Kamis 11 Januari 2018 Dua buah Kapal Nelayan Karam akibat Diterjang oleh gelombang laut yang sangat tinggi disertai anggin yang kencang serta hujan, kapal motor nelayan Milik ‘Bakar dan Kasim’ tenggelam di pesisir pantai desa Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Propinsi Riau,

Jpeg

Peristiwa itu terjadi saat KM nelayan Milik Bakar dan Kasim mau masuk di sungai rangsang,setelah pulang dari melaut namun,alam berkata lain sehinga tidak dapat dikendali akhirnya menyebabkan ke dua buah kapal tersebut harus karam,walau tidak ada korban jiwa dalam hal ini,namun kerugian akibat kejadian tersebut mencapai puluhan juta rupiah,bagaimana tidaknya hasil tangkapan mereka entah kemana ,kemudian jaring yang di gunakan sebagai alat tangkap juga harus direlakan berserakan.

Anggin yang disertai ombak memang sudah berlangsung hampir satu bulan,sehingga mengakibatkan nelayan tetap Nekat untuk pergi melaut,hal ini berdampak pada musibah yang hari ini terjadi,namun mereka tidak bisa berdiam diri karena melaut merupakan satu-satu nya sumber untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Seperti yang di sampikan oleh salah seorang nelayan bapak Tohat, akibat tidak bisa turun melaut omatis penghasilan para nelayan hilang karena melaut merupakan rutinitas setiap hari untuk mengais rizki guna memenuhi kebutuhan hidup keluarga. Untuk sementara ini terpaksa putar haluan mencari pekerjaan serabutan atau apa saja supaya bisa  mendapatkan penghasilan.

Dampak lainnya dari cuaca ekstrim juga dirasakan masyarakat pengkonsumsi ikan laut karena kalaupun ada ikan jelas harganya meroket, sehingga daya beli masyarakat menurun, terutama bagi masyarakat berpenghasilan rendah atau golongan menengah kebawah.

“Mudah-mudahan kondisi cuaca kembali normal supaya tarap hidup keluarga nelayan bisa meningkatkan dan harga ikan juga kembali normal,”

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :