NANAS SALAH SATU HASIL PERTANIAN DI DESA TANAH MERAH

Jpeg

Tanah Merah Kepulauan Meranti.desa.id

 

Tanah Merah 06 Nopember 2017 Sebelum saya bercerita tentang perkebunan  nanas yang ada di  desa Tanah Merah Kec. Rangsang Pesisir khususnya dusun  Parit Nelayan terlebih dahulu saya berbicara isi dan kandungan dari buah nanas,Buah nanas segar sumber vitamin C dan mangan, juga mengandung substansi yang dapat menjaga kekuatan tulang dan membantu pencernaan. Nanas merupakan tanaman buah yang berada di daerah ber iklim tropis, Seperti di Desa Tanah Merah,Tanah Merah salah satu desa yang berada di wilayah kabupaten Kepulauan Meranti yang juga Beriklim Tropis.

Jpeg

Buah nanas Kulitnya keras berwarna hijau, jika masak warnanya menjadi kuning, berlapis lilin. Buahnya berupa buah buni majemuk; berbentuk silindris; diameter 10—20 cm; panjang dapat mencapai 30 cm; dengan berat berkisar 1—3kg, buahnya berdaging; berwarna kuning muda; berair; rasanya asam sampai manis; baunya harum; bagian tengah berserat. Bijinya kecil, seringkali tidak jadi. Buah segar mengandung 10% gula, setengahnya adalah sukrosa, sisanya glukosa dan fruktosa.

Jpeg

Kandungan Nutrisi & Zat Berkhasiat

Buah sumber vitamin (A, B1, B2, dan  C), mineral (kalium, mangan, tembaga, kalsium, fosfor, magnesium, besi, natrium), glukosa, fruktosa, sukrosa (gula tebu), enzim bromelain (kelompok sulfur yang mengandung enzim proteolitik), karoten, asam nikotinik, asam organik, dan serat. Bromelain berkhasiat membantu mencernakan protein dan memperbaiki gangguan lambung. Bromelain juga berkhasiat mengurangi peradangan (antiinflamasi) dan pembengkakan, mengganggu pertumbuhan sel kanker, menghambat agregasi trombosit (platelet), melarutkan dahak pada saluran napas (seperti pneumonia dan bronkhitis), antibakteri, dan mempunyai aktivitas fibrinolitik. Khasiat antiradangnya dimanfaatkan sebagai suplemen makanan untuk membantu tubuh mempercepat penyembuhan luka atau mengurangi rasa nyeri (seperti pada rheumatoid arthritis, gout, memar, trauma). Bila digunakan teratur, bromelain dapat mengurangi peradangan dan jaringan parut pada pembuluh darah arteri sehingga memperbaiki penyakit jantung dan pembuluh darah (kardiovaskuler). Nanas juga meningkatkan kadar antibiotika di serum bila dikonsumsi bersamaan. Nanas segar merupakan sumber serat yang dapat membantu mempermudah buang air besar pada penderita sembelit (konstipasi).

Mangan adalah trace mineral yang dibutuhkan tubuh untuk membuat kolagen di kulit, tulang, dan tulang rawan untuk menjaga kekuatan tulang. Satu cangkir jus nanas segar menyediakan 2 mg mangan atau lebih dari 100% kebutuhan sehari.

Jpeg
  • Khasiat

Buah nanas matang sifatnya dingin, berkhasiat menyehatkan limpa, menghilangkan haus, mengurangi keluarnya asam lambung berlebih, membantu mencerna daging (protein) di lambung, antiradang (antiinflamasi), peluruh kencing (diuretik), membersihkan jaringan kulit yang mati (skin debridement), dan mengganggu pertumbuhan sel kanker (antineoplastik). Buah nanas digunakan untuk membantu memperbaiki gangguan pencernaan disertai kembung dan mual (dispepsia), air liur sedikit, asam lambung berlebihan, infeksi saluran cerna, tekanan darah rendah disertai pusing serta tidak bertenaga, lemah disertai demam dan haus, sulit kencing dan nyeri, mengatasi sembelit (konstipasi), radang tenggorok, membantu menurunkan berat badan, serta meringankan nyeri (seperti pada reumatoid artheritis, tendinitis, bursitis). Buah nanas juga dapat mengatasi beri-beri, memar, sesak napas, menurunkan demam, serta meningkatkan penyerapan antibiotik.

Bromelain dalam nanas berkhasiat menghambat penggumpalan trombosit (agregasi platelet) serta mempunyai aktivitas fibrinolitik (dapat menghancurkan trombus yang menyumbat pembuluh darah) dan proteolitik (pengurai protein).

Khasiat penghambatan penggumpalan trombosit dan adanya aktivitas fibrinolitik ini menyebabkan berkurangnya pembentukan trombus dan aterosklerosis (pembentukan trombus di pembuluh darah) sehingga kejadian penyakit jantung koroner dan stroke berkurang. Buah nanas muda rasanya asam, berkhasiat memacu enzim pencernaan, antelmintik (peluruh cacing usus), diuretik, peluruh haid (emenagog), abortivum (bersifat menghentikan kehamilan), peluruh dahak (mukolitik).

Buah nanas Ini salah satu hasil perkebunan masyarakat Desa Tanah Merah,sesuai pula dengan struktur tanah yang ada di desa ini yaitu tanah redang dan tanah gambut,berbicara masalah hasil panen ,menurut salah seorang petani ,hasil panennya cukup memuaskan,namun yang menjadi kendala adalah pemasarannya agak sulit ,paling nanas ini laku pas ada orang mau acara pesta pernikahan menurutnya,selain itu juga harga jual nanas juga tidak begitu tinggi karena terpengaruh oleh faktor pemasaran,

Untuk itu para petani nanas berharap ada semacam bantuan dari pemerintah untuk mengembangkan prospek perkebunan nanas ini kedepanya.

Jpeg
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :