Karya Seni Anak Bangsa

Jpeg

Tanah Merah Kepulauan Meranti

Tanah Merah 01 Nopember 2017

Jpeg

Semacam Tiada habisnya Kekayaan Alam yang melimpah ruah ,Tiada Kata yang pantas untuk di ucapkan selaian dari ucapan syukur kehadiratnya,Sumber daya Alam yang terhitung melimpah ruah di Desa Tanah Merah yang selama ini belum di manfaatkan satu – persatu hari ini sudah di berdayakan dan di manfaatkan ,salah satunya yaitu batok kelapa atau lebih di kenal dikalangan masyarakat desa Tanah Merah di sebut Tempurung Kelapa.

Tempurung Kelapa didesa Tanah Merah selama ini hanya dimanfaatkan sebagai bahan bakar yaitu di jadikan arang,arang ini bisa digunakan sebagai pengati kayu bakar ,selama ini belum ada yang mengolah untuk di jadikan sopenir ,padahal apa bila di olah sedemikan rupa akan menjadi nilai jual yang cukup tinggi,Alhamdulilah saat ini sudah ada yang mencoba mengukir-ngukir batok kelapa untuk di jadikan bandel kunci dan Asabak namun mereka masih menemui beberapa kendala.

Jpeg

Kendala yang paling mendasar adalah Alat untuk mengolah Tempurung tersebut,Selain masalah peralatan Masalah Pemasaran juga dipikirkan,apa bila sudah di produksi mau dipasarkan kemana produk-produk tersebut,ini lah yang menjadi hambatan utama untuk menggolah tempurung kelapa tersebut,Saat ini untuk pemasaran baru bisa melalui Koperasi Sinar Bahari dan Bumdes Tanah Merah jaya.

Kerajinan dari batok kelapa memang agak sulit untuk dibuat Biasanya batok kelapa dianggap sebagai limbah karena tidak memiliki manfaat bagi kebutuhan hidup sehari-hari.Mungkin dari semua bagian pohon kelapa hanya batok yang kurang dimanfaatkan. Batang pohon kelapa bisa digunakan sebagai bahan bangunan, daun biasanya dimanfaatkan untuk membuat kerajinan

Jpeg

Namun saat ini ditangan orang-orang kreatif batok kelapa yang awalnya dianggap sebagai benda sampah yang mengotori lingkungan diubah menjadi produk kerajinan yang memiliki nilai jual tinggi. Mungkin salah satu contoh orang kreatif itu adalah yang dilakukan oleh Anak-Anak Madrasah Tsanawiyah Raudhotut Thalibin Dari batok kelapa beliau bisa membuat berbagai souvenir Seperti gantungan kunci dan Asbak .

Mudah Mudahan hasil Kerajinan Tanggan ini kedepanya mempunyai tempat,sehinga ada semacam bantuan peralatan untuk mengolah Tempurung Kelapa Tersebut.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :