Kesenian Kompang Masih Tetap Dilestarikan Di Desa Tanah Merah

Tanah Merah 28 September 2017, .Kompang menjadi salah satu bukti yang kuat bahwa kesenian Kompang masih tetap berada di Desa Tanah Merah. Seperti yang kita ketahui bersama, Desa Tanah Merah merupakan Desa yang kuat dengan berbagai kesenian dan berbagai adat istiadat lainnya terutama kesenian Kompang, walaupun seni ini terlalu kuno. namun di saat ini masih tetap dijaga. Dilestarikan. Diturunkan dari generasi ke generasi yang akan mendatang, agar tak hilang ditelan bumi  begitu saja ataupun musnah tak berjejak. Apalagi Seni Kompang ini merupakan wariskan dari zaman ke zaman. Seni yang melambangkan kebudayaan. Jati diri anak Melayu khususnya di Desa Tanah Merah.

terbukti bahwa selama ini seni kompang yang selama ini masih di lestarikan anak-anak didik Pak Denin selaku ketua Group kompang, seperti yang di sampaikan oleh bapak Denin selaku pengurus Group Kompang Desa Tanah Merah Diperbanyak bunyinya. Semakin riuh. Semakin gaduh. Kompang dipukul, dendang dilantun. kesenian Kompang ini harus kita lestarikan.

Group Kompang yang telah sekian lama didirikan  oleh pak Denin hingga sekarang masih tetap terjaga dan sering di undang dalam berbagai acara pernikahan setempat dan juga kegiatan lainnya. Dan terbukti mereka pernah bermain di Desa Tanjung Gadai Di Kec.Tebing Tinggi Timur Kab.Kep.Meranti. masyarakat sangat bangga dengan hasil kerja keras mereka yang telah bersusah payah melestarikan seni kompang ini, dan masyarakat berharap agar seni kompang ini hendaknya tidak di pandang sebelah mata dari Pemerintah Daerah lebih di lihat masyarakat Desa Tanah Merah juga berharap kesenian Kompang ini wajib di lestarikan, Karna mengingat pada zaman modern sekarang ini sedikit demi sedikit kesenian semakin tidak terlihat,maka dari itu Seni Kompang yang masih ada di Desa kita harus kita jaga dengan sebaik-baiknya.

selain masyarakat orang tua juga menyampaikan berbagai apresiasi khususnya kepada Group Kompang yang masih bertahan hingga saat sekarang ini kami mengucapkan ribuan terima kasih yang telah melestarikan kesenian untuk Desa Tanah Merah. Kini Group Kompang masih banyak kekurangan alat Kompang, dari 12 pemain kompang, hanya 8 buah mempunyai kompang selain itu hanya menunggu pemain yang siap berlatih kompang. dengan harapan yang tinggi Group Kompang meminta agar Pemerintah Daerah tidak di pandang sebelah mata.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :