Tanah Merah Layak Menjadi Desa Wisata Bahari

TANAH MERAH KEPULAUAN MERANTI.

TANAH MERAH,Desa Tanah Merah salah satu desa yang berada di pesisir pantai pulau Rangsang,Desa ini telah mendapat gelar sebagai desa bahari oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Meranti beberapa waktu yang lalu,bukan tanpa dasar pemerintah kabupaten kepulauan meranti memberi julukan tersebut,karena memang pada dasarnya ,berdasarkan grafik  mata pencaharian hampir 80% masyarakat desa Tanah Merah yang perkejaanya sebagai Nelayan.

Profesi Sebagai Nelayan Di desa Tanah Merah Sudah Tidak Asing lagi,selain itu juga Profesi Nelayan ini di bagi menjadi beberapa Kelompok Misalnya Nelayan Jaring ( Gil Net) ,Belat ,Langgin,Kise,Jaring Tarik,Pukat,Kelong,rawai,Toguk,dan Sungkur,Masing -masingnya mempunyai kretria-ada yang disebut Nelayan Tetap dan ada yang disebut sebagai Nelayan Musiman,Jaring ( Gil Net ) ini merupakan profesi Nelayan Tetap,Tapi Kalau Sungkur Ini sebagai Nelayan Musiman,Jaring Jelas sudah banyak yang tau kegunaanya yaitu untuk Menangkap ikan ,Udang ,Sedangkan Sungkur ini peralatan khusus digunakan untuk menagkap udang ebi.

Lalu Apa Kaitanya dengan Wisata? Pada waktu hari-hari libur,Seperti hari Minggu,Tanggal Merah,Tahun Baru,Imlek,Hari Raya Desa Tanah Merah Ini Selalu dipadati oleh penggunjung,untuk itu Pemerintah Desa bersama Pemuda Karang Taruna Mengambil inisiatif atas kesempatan tersebut,dalam arti kata mengambil momen-momen tersebut untuk di jadikan ajang promosi desa Bahari,seperti yang dilakukan beberapa waktu yang lalu Pemuda Karang Taruna Secara resmi membuka Pantai Pesona Sebagai Salah satu Taman wisata desa Bahari,dimana disana sudah disediakan Fasilitas Umum seperti Parkiran,Panggung Kesenian,Pondopo-pondopo,Mushola,Kamar Ganti dan Wc,Serta Kantin.

Lalu Apa yang menjadi daya Tarik atau kelebihan Pantai Pesona Sebagai Taman Desa Bahari? Tentu Menjadi Tanda Tanya besar Bagi yang inggin berkunjung ketempat tersebut?Banyak hal yang menjadi daya tarik sehingga Para Turis Lokal Maupun Manca Negara Memilih Pantai Pesona Sebagai Pilihan destinasi wisatnaya,Yang Pertama Masyarakat desa Tanah Merah sangat terkenal akan ramah-tamah sopan santun dan kejujuranya.Apa lagi di lokasi Pantai Pesona yang di jadikan Taman Desa Bahari,dilokasi tersebut 50% penduduknya Suku tiong hua ( biase di sebut oleh masyarakat kabupaten kepulauan meranti orang cine ) Suku Akit,Jawa Melayu dll.dilokasi ini terdapat terdapat dermaga tempat para nelayan maupun pedagang bongkar muat barang,selain itu juga terdapat beberapa Vihara Kuno yang bangunanya sudah mencapai ratusan tahun,berbicara masalah titik lokasi Pantai Pesona Taman Desa Bahari lokasinya sangat sejuk karena berada di hutan akasia,pantainya landai mempermudah para wisatawan untuk turun kepantai menikmati secara langsung para Nelayan Musiman melakukan aktifitas nelayanya,seperti mukat,belat dan melanggin wisatawan juga bisa langsung membeli hasil tangkapanya dengan harga yang murah,yang pengen juga bisa langsung membakar udang yang sudah dibeli dipinggir pantai tersebut.

hal lain yang menjadi daya tariknya yaitu panorama,panorama pantai pesona ini membuat para wisatawan betah untuk berlama-lama di lokasi tersebut,apa lagi pada waktu sore para wisatawan bisa langsung melihat keindahana pancaran matahari yang mau tengelam dan keindahan alam lainya seperti pemanadanagan bukit bukit pulau karimun yang berada di propinsi kepulauan riau.kedepanya dilokasi ini juga akan dibangun program Hybrid Engenering.Satu hal mungkin sulit untuk didapati wisatawan ketika berkunjung ke Lokasi Wisata yang berada di perdesaan yaitu jaringan internet,lain halnya dengan Desa Tanah Merah Pemerintah desa Tanah Merah menawar kan kepada para wisatawan untuk mengunakan fasilitas wifi desa Brodband sepuasnya kepada para wisatawan.

Sebagai Informasi bagi Para wisatawan di luar Kabupaten Kepulauan Meranti yang Inggin berkunjung Ke Pantai Pesona Taman Wisata Bahari Tanah Merah Kami sudah menyediakan jasa Antar Jemput dari Pelabuhan Tanjung Harapan Selatpanjang sampai ke destinasi wisata pantai pesona Taman Bahari dengan Harga terjangkau.melalui Email Tanahmerahbahari@gmail.com atau melalaui No 085271002221.

Ole-ole Khas Desa Tanah Merah.Kerupuk Udang,Kerupuk Ikan Dan Tepung Ikan.

Foto 3 : Kerupuk Udang Desa Tanah Merah

 

Facebook Comments

1 Comment

  1. Suatu usulan yang sangat baik, untuk menjadi daerah tujuan wisata, destinasi harus mempunyai 3 syarat utama, yakni 1. Atraksi, 2. Aksebilitas, 3. Amenitas, semoge kedepan tanah merah memiliki tiga unsur ini

Komentar & Saran Anda :