TRADISI LAMPU COLOK DESA TANAH MERAH

Tanah Merah 21 Juni 2017. Masyarakat Desa Tanah Merah kembali menggelar tradisi “Lampu Colok” yang dilaksanakan setiap malam ke-27 Ramadan dalam menyambut bulan Syawal atau Lebaran 1438 H yang dimana tepatnya pada tahun 2017 ini.

Pemuda-pemuda Desa Tanah Merah tampak asik memasangi lampu colok di sepanjang Jalan Badrun Desa Tanah Merah. Tonggak lampu colok yang terbuat dari kayu sebelumnya telah tertanam rapi. Dipasang berdekatan dengan jarak sekitar 2 meter di jalan Badrun. lampu colok tahun ini jumlahnya sangatlah meningkat dari tahun sebelumnya. lampu colok  yang di pasang sepanjang jalan Badrun melewati masjid dan surau yang berada di jalan Badrun. ada pun lampu colok yang di pasang oleh pemuda-pemuda Desa Tanah Merah adalah.

Lampu Colok Ikatan Pemuda Remaja  Masjid HIDAYATUL MUTTAQIN

 Lampu Colok Ikatan Pemuda Desa Tanah Merah yang terletak di depan kantor DESA TANA MERAH

Lampu Colok Ikatan Pemuda Desa Tanah Merah yang terletak di depan Rumah masyarakat DESA TANAH MERAH

Lampu Colok Ikatan Pemuda Remaja Surau AL-IKHLAS

Lampu Colok Ikatan Pemuda P.OGOH Desa Tanah Merah

Kepala Desa Tanah Merah, RUSLI menyatakan, tradisi lampu colok berawal dari keinginan masyarakat untuk memberikan penerangan jalan di bulan Ramadan untuk menuju masjid.
“Sampai saat ini, tradisi tersebut terus dikembangkan oleh pemuda-pemuda desa dengan membuat beberapa menara yang tinggi dan kayu sebagai kerangka untuk menyusun lampu-lampu dengan berbagai bentuk masjid dan lainnya, lampu colok ini sudah menjadi tradisi setiap tahun yang digelar Di Desa Tanah Merah.

Masyarakat Desa Tanah Merah tumpah ruah ke jalanan untuk melihat dan mengabadikan momen lampu colok dengan berfoto dan berselfi di lokasi menara api colok tersebut yang di buat oleh pemuda-pemuda Desa Tanah Merah.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :