PEMBINAAN DESA SIAGA PERCONTOHAN

Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti Kamis 18 Mei 2017

Desa Tanah Merah Dapat Kunjungan dari Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti,Kunjungan yang dilakukan tersebut dalam rangka Pembinaan Desa/Kelurahan Siaga Aktif Percontohan Tahun 2017,kunjungan tersebut dihadiri oleh Kabid Kesmas,Kasi Promosi Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Meranti ,Kapus Kec Rangsang Pesisir dan Beberapa Dokter serta tenaga Kesehatan lainya.

Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Ade Suhartian.SH.MM  Dalam Pengarahanya  mengatakan pembinaan Desa Siaga dimaksudkan agar masyarakat sadar, mau dan mampu untuk mencegah dan mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat seperti kurang gizi, penyakit menular dan penyakit yang berpotensi menimbulkan kejadian Luar Biasa (KLB), kejadian bencana, kecelakaan, dan lain-lain, dengan memanfaatkan potensi setempat, secara gotong royong.”Pengembangan desa siaga agar masyarakat sehat peduli dan tanggap terhadap masalah-masalah kesehatan, bencana dan kegawatdaruratan di desanya” tambahnya.

Menurut Narasumber lainay program desa siaga bisa dikatakan berhasil jika seluruh komponen masyarakat desa ikut berpartisipasi. Menurutnya program ini harus dilakukan secara terukur dan terencana serta berkelanjutan .

Narasumber dari orientasi pembinaan  Desa Siaga Aktif ini dibawakan oleh dr.Riduan Baihaqi, Juga menyampaikan panjang lebar mengenai desa Siaga.

Berdasarkan penjelasan Kepala desa Rusli menyampikan bahwa desa Siaga Tanah Merah ini sudah berlangung beberapa Tahun Yang Lalu ada pun salah satu sumberdana desa Siaga dari masyarakat desa sendiri,dan kepala desa juga mengucapkan terimakasih atas pembinaan ini mudah-mudahan kedepan desa Siaga di tanah merah ini akan lebih baik lagi dan bisa meningkat menjadi desa Siaga Mandiri.Kepala desa juga mengapresiasi kepada pengurus desa siaga Tanah Merah karna sudah mampu menjadikan desa siaga di tanah merah ini sebagai percontohan.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :