MAKOHE SALAH SATU MAKANAN YANG DIGEMARI MASYRAKAT DESA TANAH MERAH

Makohe adalah sebutan bagi hewan laut yang hidup dua alam, makohe berasal dari bahasa melayu atau rama-rama. Makohe adalah hewan sejenis kepiting yang berkaki 4 pasang dan memiliki 1 pasang capit yang besar di kanan dan kirinya.hewan ini tinggal di pesisiran pantai atau di pingiran sungai yang terdapat pohon-pohon bakau ia membuat lubang sebagai tempat tinggalnya yang sangat dalam,lubang tersebut hanya bisa ditinggali 1 ekor makohe saja dan apabila lubang tersebut sudah ditinggali oleh makohe ada tanda dimana di atas lubang tersebut tidak terdapat lumpur yang menjunjung dan di dalam lubang tersebut  terdapat air dan tidak kering.

Makohe ini berwarna merah keputihan, di bagian punggung nya berwarna merah dan di bagian dadanya berwarna putih.menurut orang  makohe ini banyak keluar sendiri dari tempat tinggalnya ketika ada petir karna pada masa itu tanah bergetar sehingga makohe mencari tempat yang lebih aman untuk menyelamatkan diri.

Makohe banyak di cari bagi masyarakat untuk di konsumsi, biasanya masyarakat  menangkap atau mengeluarkan makohe dari tempat tinggalnya dengan cara memompa air kepada arah yang berlawanan agar makohe tersebut dapat keluar pada lubang utamanya , namun tidak lah mudah dengan cara tersebut membutuhkan waktu yang lama dan ketelitian serta kesabaran.

Namun masyarakat pada masa kini sudah tidak menggunakan cara tradisional tersebut mereka sudah beralih dengan menggunakan racun atau obat seperti decis , dimana racun tersebut di isi di ember berukuran 12 liter dan hanya di masukkan obat sebanyak 2 botol tutup obat tersebut.dan setelah semua obat tersebut tercampur dengan air maka tinggal tahap memasukkan segelas air ke dalam lubang tempat tinggal makohe tersebut dan apabila sudah di masukkan tinggal menunggu makohe tersebut keluar dari sarangnya dengan sendirinya karena makohe tersebut mabuk akibat efek dari obat tersebut. cara ini banyak di gunakan karna tidak menggunakan waktu lama mencari makohe yang banyak.

Dan apabila ingin mengkonsumsinya makohe tersebut terlebih dahulu di cuci hingga bersih  atau pun direndam dengan air  kelapa selama 30 menit sampai bau dari obat decis tersebut hilang dan apabila pencuciannya tidak bersih  orang yang mengkonsumsinya akan  pusing  mual akibat efek obat decis  tersebut.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :