TANAH MERAH MEMILIKI SALAH SATU DARI 7 HEWAN TERTUA DI DUNIA

tanahmerah_kepulauanmeranti.desa.id 31 Maret 2017

Desa Tanah merah kecamatan rangsang pesisir kabupaten kepulauan meranti propinsi riau secara geografis wilayah memiliki Iklim Tropis yang termasuk  daerah dataran dan Kepulauan yang berbatasan langsung dengan Nengara tetangga (Malaysia) dan terletak di sebelah selatan selat Melaka , sebagai desa yang berada di daerah kepulauan,  Tanah merah memiliki berbagai macam hewan laut,Selain Ikan dan Udang masih banyak jenis  lainya seperti,Sepahat,Mentarang Siput,Kepiting dan Belangkas,

Jpeg
Jpeg

Siapa sangka kalau belangkas  yang selama ini banyak bertebaran di pesisir pantai desa Tanah Merah ini termasuk dalam salah satu hewan tertua di dunia seperti yang dikutip penulis dari salah  satu media yaitu (://pospopulers.blogspot.co.id/2014/06/7-hewan-tertua-yang-masih-hidup-sampai.html)

Belangkas mencakup empat jenis hewan beruas yang menghuni perairan dangkal wilayah paya-paya dan kawasan mangrove. Kesemuanya merupakan anggota suku Limulidae dan menjadi satu-satunya wakil dari bangsa Xiphosurida yang masih hidup di bumi. Meskipun namanya itu lebih terkait erat dengan laba-laba dan kalajengking (semua berada di subphylum Chelicerata) dari pada kepiting. Mereka adalah satu-satunya spesies dalam genus Carcinoscorpius. Belangkas tidak banyak berubah sejak masa Ordovisium. Belangkas adalah makhluk tertua yang masih bertahan hidup hingga saat ini. Spesies ini paling awal yang merayap di laut dangkal, setidaknya 100 juta tahun sebelum dinosaurus ada. Jadi, mereka telah ada sejak 445 Juta tahun yang lalu.

Selaian tergolong sebagai hewan tertua di dunia Belangkas/pari kepiting, ini juga termasuk dalam kuliner Seafood, Belangkas sudah tidak asing bagi Masyarakat desa Tanah Merah Menurut salah satu warga desa Tanah Merah Belangkas ini enaknya dimasak Gulai,ataupun Masak Sous tergantung selara menurutnya,yang paling enak dari belangkas adalah telurnya.

Jpeg

Nah bagi yang penasarn inggin melihat langsung atau pun mau mencicipin kulinera ini silakan berkunjung ke Desa Tanah Merah.

Jpeg
Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :