Hindari Penyimpangan Sosial Kades Bangun Kelompok Belajar

Secara umum, perilaku menyimpang Sosial  adalah sebuah tindakan yang menyimpang dari norma-norma yang berlaku di Masyarakat ,yang menimbulkan keresahan di lingkungan masyarakat itu sendiri

Ada Beberapa definisi penyimpangan sosial dari para ahli yaitu sebagai berikut:

1.BRUCE J. COHEN
Perilaku menyimpang adalah setiap perilaku yang tidak berhasil menyesuaikan diri dengan kehendak-kehendak masyarakat atau kelompok tertentu dalam masyarakat.
 
2. Jhon lewis GILLIN
Perilaku menyimpang adalah perilaku yang menyimpang dari norma dan nilai sosial keluarga dan masyarakat yang menjadi penyebab memudarnya ikatan atau solidaritas kelompok.

penyimpangan sosial berdasarkan bentuknya dapat di bagi menjadi beberapa bagian daiantaranya:

  1. Penyimpangan sosial primer : adalah penyimpangan yang bersifat sementara (temporer). Orang yang melakukannya masih tetap dapat diterima oleh kelompok sosialnya. Karena tidak terus menerus melanggar aturan, contohnya seperti melanggar rambu lalu lintas dan meminum-minuman keras.
  2. Penyimpangan sosial sekunder : adalah penyimpangan yang dilakukan oleh pelakunya secara terus-menerus walaupun telah diberikan sanksi-sankis. Oleh sebab itu, setiap pelaku secara umum dikenal sebagai orang yang berperilaku menyimpang. Conohnya seperti seseorang yang setiap hari minum-minuman keras, siswa yang sering mencontek teman sekelasnya.

Penyimpangan sosial bedasarkan sifatnya Dapat di bagi menjadi beberapa bagian diantaranya:

  1. Penyimpangan bersifat negatif : adalah penyimpangan sosial yang berwujud dari tindakan ke arah nilai-nilai sosial yang dianggap tercela karena tidak sesuai dengan norma-norma yang ada.
  2. Penyimpangan bersifat positif : adalah penyimpangan sosial yang memiliki dampak yang positif terhadap sistem sosial karena dianggap ideal dalam masyarakat.

CONTOH PENYIMPANGAN SOSIAL

Yang di ankta kali ini adalah

– Kenakalan Remaja

Kenakalan remaja merupakan penyimpangan para remaja atas norma yang ada. Perbuatan para remaja tersebut merupakan tindakan antisosial. Dalam usia yang memasuki pubertas, seringkali remaja mencari jati dirinya, muncul sifat sebagi jagoan, solidaritas sosial yang berlebihan, bahkan ingin eksistensi dirinya diketahui orang lain tetapi dengan tindakan menyimpang. Para remaja seringkali membentuk kelompok (geng) yang menjadi kebanggaannya. Perilaku menyimpang remaja ini dapat berupa tawuran, mabuk-mabukan,ngebut-ngebutan dan bertindak semaunya, dan lain sebagainya.

Kenakalan remaja pada umumnya disebabkan oleh

  • Lingkungan keluarga yang tidak harmonis;
  • Lingkungan masyarakat yang tidak sehat;
  • Kurangnya wadah pengembangan diri;
  • Situasi yang tidak menentu.

Berankat dari kenakalan remaja ini lah Kades Tanah Merah melakukan Upaya Pengendalian Penyimpangan sosial agar tidak terjadi di desa Tanah Merah ,menurut Kades TANAH MERAH ( RUSLI ) Menghindari sebelum terjadi itu lebih baik dari pada mencegah sesudah terjadi, dalam Ilmu Sosial Disebut Dengan  Tindakan Preventif

Adapun upaya -Upaya Yang dilakukan Kades Tanah Merah ( RUSLI ) Diantaranya di bidang keagamaan dengan cara membina Remaja Masjid,Kelompok Belajar Mengaji,dan pengajian Rutin,Dibidang Kesenian Ada Kelompok Zapin Dan seni Bela Diri ( Silat ) Di bidang olahraga ada pengembangan Bolla Volly,Sepak Bola ,Takraw,dan Badminton,Dibidang Wisata,ada Kelompok Pengembangan Wisata,dan yang palling penting Di bidang IT Didesa Tanah Merah Mempunyai perangkat pendukung IT Tersebut yang di bantu dari Pemeritah Pusat,( Program BroadBand ) dari program ini Kepala Desa Sudah Membentuk Tim Pengelola yang Di tugaskan Untuk Membina,memandu serta mengawasi para remaja dalam pengunaan Perangkat IT Tersebut,Tidak Sebatas itu Program ini juga mendapat perhatian khusus dari pihak KOMINFO Kabupaten Kepulauan Meranti .

Jpeg
Jpeg

Kades Juga Berharap dari semua upaya yang dilakukan tersebut mudah-mudahan berdampak baik bagi Remaja Desa Tanah Merah Khususnya Masyarakat Desa Tanah Merah Umumnya.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :