SUDAH HAMPIR 1 BULAN NELAYAN DESA TANAH MERAH TIDAK MELAUT

tanahmerah_kepulauanmeranti.desa.id 21 Februari 2017

Sudah hampir 1 Bulan Nelayan Desa Tanah Merah Tidak melaut ,hal ini di karenakan Anggin kencang dan Ombak Tinggi yang mencapat 4-5 Meter

Salah seorang nelayan Yusuf (38) , Warga Desa Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti menuturkan, sejak 1 bulan terakhir,  para Nelayan Desa Tanah Merah kebanyakan Memilih Tidak Melaut.

IMG_20170210_145851_HDRgr

 

Menurut Yusuf, kencangnya angin bisa membahayakan keselamatan para nelayan. Di mana kapal nelayan bisa karam dan terbalik akibat terkena angin ditambah ombak yang cukup tinggi.

Yusuf menceritakan,tahun ini anggin dan ombak luar biasa kencangnya selain itu rentang waktunya juga sangat lama biasanya hanya 1 minggu atau dua minggu ini sudah hampir satu bulan reda,

Masih Yusuf Katnya Nelayan Jadi simalakama..disatu sisi para nelayan harus memenuhi kebutuhan hidup disatu sisi nelayan juga takut untuk melaut karena bisa membahayakan jiwa mereka,sambil bercanda yusuf berkata

“Dari pada mati sia sia ditelan air laut lebih baik kita pulang. Hanya yang menjadi pemikiran apabila kita pulang tidak membawa hasil tangkapan ikan, istri dan anak mau makan apa? Kalau tokehnya baik kita bisa meminjam uang untuk biaya hidup keluarga selama tidak melaut,” kata yusuf (38)

hal Senada dikatakan Ahmad (34). Menurut Ahmad tingginya gelombang membuat para nelayan takut untuk melaut. Pasalnya jika ada nelayan yang tetap melaut diyakini kapal mereka akan tergulung ombak.

Ahmad mengatakan untuk memenuhi kebutuhan hidup sementara kerja ape dapat dulu seperti,Menjadi buruh pemetik kopi,atau buruh pengeopik kelapa.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :