MANFAAT PROGRAM BROADBAND BAGI DESA TANAH MERAH

Tanah Merah.desa.id 10 Februari 2017.

Desa Tanah Merah Kecamatan rangsang pesisir Kab Kepulauan Meranti Propinsi Riau Merupakan sebuah desa yang berada di wilayah pesisir pantai yang berbatasan langsung dengan Negara tetangga yakni Malaysia Desa Tanah Merah  yang merpuakan desa terdepan yang berhadapan dengan Malaysia yang hanya dibatasi oleh perairan selat malaka ini mengalami Abrasi yang sanagat dahsat 1 Tahun Diperkirakan  Puluhan Meter perkebunan masyarakat Jatuh dan hanyut kelauat setelah di perhitungkan kerugian yang dialami masyarakat akibat abrasi ini mencapai meiliaran rupiah pertahun, dengan adanya program desa Broadband ini Masyarakat sangat bersyukur karna setidaknya dapat menyampikan aspirasi mereka  dengan mengunkan social media,

Program Desa Broadband merupakan program yang berbasis Teknologi informasi Yang dapat menyatukan atau menggabungkan berbagai informasi, data dan sumber untuk dimanfaatkan sebagai ilmu bagi kegunaan seluruh Masyarakat Desa Tanah Merah Khususnya, Umumnya untuk masyarakt sekecamatan rangsang pesisir  Kab Kepulauan Meranti Karena Tanah Merah satu-satunya desa yang memiliki fasilitas Internet desa di wilayah kecamatan ini sehinga dampaknya bukan hanya untuk masyarakat desa Tanah Merah Tapi juga untuk desa-desa Tetanga, termasuk instasi-instansi, sekolah-sekolah serta para mahasiswa dan pelajar,  Jarak tempuh yang sangat jauh dari kabupaten sehinga berbagai element tersebut memilih untuk mengunakan fasilitas broadband yang ada di Desa TANAH MERAH .

Manfaat program ini   sangat banyak bagi masyarakat kami,diantaranya  membuat semua orang ingin mengetahui dan menguasainya. Internet membuat batas antar daerah bahkan antar negara seolah telah sirna. Kita dapat berkomunikasi dan mengirim berita  ke seluruh penjuru dunia secara realtime .

Dulu, untuk dapat berbincang-bincang dengan orang lain, kita harus berkunjung ke rumah yang bersangkutan. Untuk mengirim berita, kita harus menulis surat. .

Sekarang, kedua kebutuhan di atas dapat dipenuhi dengan internet. Berkunjung diganti dengan chatting, mengirim surat diganti dengan mengirim email .

Selain kedua  hal tersebut di atas, internet juga menyediakan ribuan informasi dan hiburan. Kita dapat melihat profil daerah, perusahaan, sekolah, lembaga dan selebritis favorit pada website-nya masing-masing bahkan internet juga menjadi tempat sarana belajar bagi masyarakat seperti belajar mengolah bahan-bahan mentah yang ada didesa kami ( Udang ,Ikan Kelapa Dll)Bukan hanya itu internet di desa kami ini juga dijadikan sebagai saran promosi,mencari pekerjaan dll

 

Manfaat Program Desa Broadband  ini secara sepesifik bagi Masyarakat,Pelajar,Mahasiswa,Sekolah, Serta Instansi-instansi lainya

a.Masyarakat

Bagi masyarakat Desa Tanah Merah Dan desa –Desa Tetangga

1.Dapat Mencari dan berbagi Informasi

2.Sumber Ilmu Untuk Mengolah Hasil Pertanian Dan Prikanan seperti mencari bagaimana cara

mengolah Kerupuk Udang,Kerupuk Ikan Dll

3.Mempromosikan Hasil Pertanian Dan Prikanan sepeti Mempromosikan hasil pengolahan

kerupuk udang ,Mempromosikan Pohon seribu guna ( Kelapa) mempromosikan Kopi yang

telah di olah menjadi Kopi luak

4.Dapat Mencari Informasi tentang desa

20161221_163840

db

Foto 3 : Kerupuk Udang Desa Tanah Merah
Foto 3 : Kerupuk Udang Desa Tanah Merah

 

b.Bagi Pemerintahan Desa dan Pemerintah Kecamatan

 

  1. Dapat Menampilkan Informasi desa Melalui website

2.Dapat Mencari informasi mengenai program yang masuk kedesa

3.Dapat Mengusulkan program desa ke beberapa instansi terkait

4.Dapat meneriman serta menyampikan informasi dengan cepat.

5.Serta Dapat Mengembangkan Sumberdaya Alam dan mempromosikan objek wisata desa.

dimg_20161220_091107

kopi-yang-baru-di-petik

Foto 1  : Hasil Tangkapan Nelayan
Foto 1 : Hasil Tangkapan Nelayan
DCIM100MEDIA
DCIM100MEDIA

 

  1. Bagi Pelajar/Mahasiswa

1.Dapat mencari tugas-tugas yang diberikan guru atau dosen

2.Dapat mengirim dan memerima tugas-tugas yang diberikan

3.dll

 

 

d.Bagi Sekolah-sekolah

1.Membuat data Simpatika

2.Membuat data emis

3.Resgistrasi Pajak

4.Dll

 

Pada dasarnya program ini secra keseluruhan dapat kami sampaikan bahwa program ini sangat bermanfaat untuk desa kami tutur Kepala Desa Tanah Merah saat di wawancarai.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :