PRODUKSI TEPUNG IKAN KOPERASI SINAR BAHARI MULAI BANYAK MENDAPAT PESANAN

Tanah Merah  – Banyak cara menuju sukses, banyak cara pula menuju pengembangan ekonomi kreatif guna meningkatkan tarap hidup keluarga dan masyarakat .

Dalam upaya meningkatkan kesejahteraan masyarakat, pemerintahan desa Tanah Merah Melalui Koperasi Sinar Bahari, terus mendorong berkembangnya sektor usaha kecil menengah (UKM) terutama yang berbasis rumahan. Pola usaha tersebut dikembangkan sesuai dengan karakter dan potensi wilayah dan kondisi masyarakat didesa Tanah Merah yang notabenya nelayan

Foto 2 : Nelayan Melaut
Foto 2 : Nelayan Melaut

20151204_150343

Foto 1 : Hasil Tangkapan Nelayan
Foto 1 : Hasil Tangkapan Nelayan

Industri rumahan yang dikelola secara apik dan ulet akan membuka lahan pekerjaan sehinga diharapkan dapat mengurangi angka pengangguran dan meningkatkan tarap hidup masyarakat.dalam edisi ini ,Pengelola Broadband mewancarai  industri Pembuatan tepung ikan ( Ikan Tongkol,Ikan Tenggiri,dan Ikan Lainya ) Koperasi Sinar Bahari.
Koperasi Sinar bahari adalah salah satu Koperasi yang saat ini sedang mengeliat untuk mengembangkan usaha indstri kelil menegah ( UKM ) .
Koperasi Sinar Bahari yang sudah berdiri beberapa tahun yang lalu, adalah sebuah Kopeasi yang bergerak di berbagai usaha seprti prikanan,pertanian dan pengembangan usaha ekonomi kerakyatan,seperti Tepung ikan dengan bahan dasar ikan. Ada beberapa jenis ikan yang diolah yakni Ikan Tenggiri, Tongkol,dan ikan sejenis lainya
Menurut Ketua Koperasi Melalui Pengelola pembuatan Tepung Ikan MARIA,Tepung ikan  yang di produksi Koperasi Sinar Bahari baru di mulai  pada akhir Tahun 2016 . dan baru di pasarkan pada acara Panggung Kesenian Pantai Pesona Desa Tanah Merah pada minggu ini sudah banyak mendapat pesanan.

dengan peralatan seadanya. Pengelola Tepung Ikan berusaha untuk semaksimal mungkin dalam proses produksi nya,karna masih banyak kekurangan peralatan seprti mesin pengolahan,pemasak ikan dan pengering tepung yang sudah di olah ,saat ini hanya mengharapkan panas matahari

20161220_13045320161220_130510

 

Namun, hal itu tidak membuat Koperasi Sinar bahari  maupun pengelola tepung ikan .Rusli ,Mariya  berpatah arang. Dengan ketekunan, hasil produksinya mulai diminati konsumen. Seiring semakin derasnya pesanan Tepung Ikan, Koperasi Sinar Bahari mulai berharap kedepanya usaha ini bisa membantu ekonomi masyarakat desa Tanah Merah dan melalui langkah awal ini Mudah-mudahan Geliat Koperasi ini mendapat perhatian Pemerintah baik daerah mau pun pusat.

Menurut Mariya Masalah harga, terkadang pelanggan tidak mempersoalkan, yang penting kualitas rasa tetap terjamin,”bebernya. .sedikit mariya menyampikan tentang kegunaan tepung ikan ini,di gunakan sebagai penyampur di makan seprti rempeyek,bakwan kerupuk dll agar rempeyek ini menpunyai rasa ikan maka campurkan saja satu atau dua sendok tepung ikan kedalam tepung adonan rempeyek tersebut maka rempeyeknya sudah mempunyai rasa ikan`.

”kami akan terus berupaya maksimal agar cita rasa dan kualitas tepung ikan produksi kami tetap eksis serta diminati masyarakat. Disamping itu industri rumahan kami dapat membantu masyarakat dalam mengurangi angka pengangguran.” tutur KADES TANAH MERAH.

Informasi Pemesanan Bisa Melalui Hp.085271002221 atau ke Imel desa Tanah Merah.(Tanahmerahbahari@gmail.com) atau layari laman web kami tanahmerah_kepulauanmeranti.desa.id

 

Facebook Comments

1 Trackback / Pingback

  1. KOPERASI SINAR BAHARI PRODUKSI TEPUNG IKAN – DESA TANAH MERAH

Komentar & Saran Anda :