SOSIALISASI DINAS KESEHATAN MASALAH ADVOKASI KESEHATAN TINGKAT DESA

SELASA, 13 Desember 2016: Anggota Dinas Kesehatan berkunjung ke Kantor Desa Tanah Merah untuk melakukan sosialisasi masalah advokasi kesehatan tingkat desa, sosialisasi tersebut dilakukan bertujuan agar Masyarakat Desa Tanah Merah mendapatkan solusi yang terbaik ketika adanya masalah-masalah kesehatan yang terjadi didalam lingkungan masyarakat Desa Tanah Merah. Supaya masyarakat dan aparat desa bisa bekerja sama untuk mengatasi masalah kesehatan yang timbul dikalangan masyarakat. Dan harapan tersebut juga diharapkan kepada pihak Pemerintah Desa. Terutama kepada pihak aparat desa, baik RT, RW, DUSUN maupun pihak aparat desa yang lainnya. Karena masalah kesehatan merupakan hal yang paling penting bagi masyarakat, masalah kesehatan juga merupakan faktor pendukung kesejahteraan lingkungan masyarakat Desa Tanah Merah. Karena sampai saat ini masyarakat Desa Tanah Merah memiliki masalah yaitu masalah transportasi seperti tidak adanya ambulance khusus untuk Desa Tanah Merah. Oleh sebab itu, pihak Dinas Kesehatan melakukan penyuluhan dan advokasi kesehatan terhadap masyarakat Desa Tanah Merah dan juga terhadap pihak pemerintah Desa Tanah Merah. Tujuannya yaitu:

Tujuan Umum:
Diperolehnya komitmen dan dukungan dalam upaya kesehatan, baik berupa kebijakan, tenaga, dana, sarana, kemudahan, keikutsertaan dalam kegiatan, maupun berbagai bentuk lainnya sesuai keadaan dan usaha.

Tujuan Khusus:
1.Adanya pemahaman atau pengenalan atau kesadaran.
2.Adanya ketertarikan atau peminatan (tanpa penolakan).
3.Adanya kemauan atau kepedulian atau kesanggupan untuk membantu dan menerima perubahan.
4.Adanya tindakan/perbuatan/kegiatan nyata (yang diperlukan).
5.Adanya kelanjutan kegiatan (kesinambungan kegiatan)

img_20161213_095614

Sasaran dan Pelaku dalam Advokasi:
Sasaran advokasi kesehatan adalah berbagai pihak yang diharapkan dapat memberikan dukungan terhadap upaya kesehatan, khususnya para pengambil keputusan dan penentu kebijakan di pemerintah, mitra di kalangan pengusaha/swasta, badan penyandang dana, media masa, organisasi profesi dan organisasi kemasyarakatan.

Pelaku Advokasi adalah siapa saja yang peduli terhadap upaya kesehatan, dan memandang perlu adanya mitra untuk mendukung upaya tersebut. Pelaku advokasi dapat berasal dari kalangan pemerintah, swasta, organisasi profesi, organisasi kemasyarakatan, LSM, dan tokoh berpengaruh dalam masyarakat. Diharapkan mereka memahami permasalahan kesehatan, mempunyai kemampuan advokasi khusunya melakukan pendekatan persuasif, dapat dipercaya, dan sedapat mungkin dihormati atau setidaknya tidak tercela khususnya di depan kelompok sasaran.

Pendekatan dan Langkah dalam Advokasi:
Kata kunci dalam proses atau kegiatan advokasi ini adalah pendekatan persuasif, secara dewasa, dan bijak, sesuai keadaan, yang memungkinkan tukar pikiran secara baik. Menurut DINAS KESEHATAN terdapat lima pendekatan utama dalam advokasi, yaitu melibatkan para pemimpin, bekerja dengan media massa, membangun kemitraan, memobilisasi massa, dan membangun kapasitas. Strategi advokasi dilakukan melalui pembentukan kerjasama antara pihak pemerintahan desa dengan masyarakat Desa Tanah Merah, dan pembentukan kerjasama antara pihak puskesmas dan bidan kampung.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :