GOTONG ROYONG TINGKATKAN RASA KEBERSAMAAN

Warga Dusun Tanjung Sari Desa Tanah Merah, Kecamatan Rangsang Pesisir, Kabupaten Kepulauan Meranti,  melaksanakan bakti sosial gotong royong, Minggu 10 Desember 2016.

Bentuk sosial menjalin kebersamaan salah satunya adalah melalui kegiatan gotong royong. Inilah yang menjadi agenda rutin dalam satu bulan sekali, bagi masyarakat desa Tanah Merah baik Di dusun Tanjung Sari,Parit Nelayan,Tunas Muda Maupun Dusun Permai.

Kegiatan sosial gotong royong kali ini lebih mengedepankan pembersihan parit  dan bahu jalan. Secara sukarela lebih kurang 50 kepala keluarga ikut serta dalam gotong royong  tersebut. Gotong royong warga Dusun Tanjung Sari ini langsung dipimpin oleh kepala Dusun,MARIYANTO serta RT dan RW Turut Hadir dalam Kegiatan Tersebut Ketua BPD SURANTO
Kegiatan yang digelar mulai pukul 07.30 Wib, ini bertujuan untuk menghindari terjadinya banjir disamping itu juga untuk menjaga kebersihan lingkungan serta dapat meningkatkan rasa kebersamaan.

Kegiatan gotong royong  pembersihan tali air ini sudah 4 minggu dilaksanakan dalam kurun waktu antara bulan nopember sampai desember 2016.

“Kegiatan gotong royong ini yang hampir pupus ditelan masa,tapi tidak untuk masyarakat desa tanah merah karan hapir setiap bulan masyarakat desa tanah merah rutin melksanakan kegiatan gotong royong Mulai dari pembersihan lingkungan,pembersihan tali air dll

r3r4

Gotong royong warga Dusun Tanjung Sari Desa Tanah Merah adalah kegiatan rutin yang masih terjaga pelaksanaannya,secara turun temurun di dusun tanjung sari ini juga terdapat beberapa etnis tapi itu semua bukan lah menjadi penghambat untuk menjaga kelestarian gotong royong yang hampir pupus saat ini

Bagi masyarakat desa Tanah Merah Dusun Tanjung Sari kegiatan gotong royong, merupakan cerminan keakraban, dan kebersaman warga. Harapan masyarakat setempat gotong royong yang mereka lakukan dapat menjadi tauladan, bagi pedesaan yang berada di Desa lain maupun daerah lainnya di Indonesia.

Sudah susah kita melihat aksi gotong royong seperti di desa kami ini. Makanya kami selaku warga sangat mempertahankan budaya kebersamaan ini. Mudah-mudahan dapat memberi inspirasi bagi daerah lainnya. Terutama memberi pelajaran kepada generasi muda betapa pentingnya hidup bersih, dalam bergotong royong, ucap SURANTO Selaku Ketua BPD Juga  tokoh mayarakat setempat.

royong-2

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Selain itu kegiatan gotong royong warga , juga di ikuti oleh para pemuda dusun setempat sebagai bentuk partisipasi dan kebersamaan serta regenerasi bagi mereka.

Harapan dengan kegiatan gotong royong ini pemukiman dapat terhindar dari banjir  dan wabah penyakit yang disebabkan oleh nyamuk.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :