ADD CAIR, PERANGKAT DESA TERTOLONG

TANAH MERAH- Memasuki minggu pertama bulan Desember 2016, bantuan Alokasi Dana Desa (ADD) bagi Pemerintah Desa (PEMDES) Desa Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti telah cair. Hal itu membuat para Perangkat Desa tampak tersenyum lega. Karena, Alokasi Dana Desa (ADD) salah satu peruntukkannya untuk honor tunjangan perangkat desa yang terhitung sudah cukup lama dinantikan oleh mereka. Lebih kurangnya sekitar 9 bulan lamanya honor perangkat desa yang belum dicairkan. Oleh sebab itu, mereka sangat menantikan honor mereka tersebut untuk kebutuhan sehari-hari mereka yang terasa begitu sulit dari hari ke hari.
Dengan cairnya Alokasi Dana Desa, maka perangkat desa bisa menikmati honor yang sudah menjadi haknya. Dan memang selama ini begitu dinantikan. Pencairan ADD yang memang sedikit terlambat ini membuat mereka merasa senang dan terbantu. Meskipun Alokasi Dana Desa (ADD) tersebut hanya dicairkan 40% saja dari 100% dana ADD tersebut. Namun demikian, pencairan sebagian dana tersebut yaitu hanya 4 bulan saja dari honor yang seharusnya dicairkan sebanyak 9 bulan itu, para perangkat desa merasa sedikit lega dan terbantu. terlebih lagi jika honor mereka dibagikan seluruhnya. untuk itu para perangkat Desa Tanah Merah Kecamatan Rangsang Pesisir Kabupaten Kepulauan Meranti sangat berharap agar sisa dana ADD tersebut bisa segera dicairkan semuanya. Tujuannya agar honor mereka juga bisa dicairkan seluruhnya untuk bisa mereka nikmati.

DCIM100MEDIA
DCIM100MEDIA

Gaji perangkat desa dan kepala desa berkat dikeluarkannya undang-undang desa menggariskan adanya penghasilan tetap tiap bulannya yang diambil dari APBN. Banyaknya gaji perangkat desa dan kepala desa bisa berbeda-beda antara daerah satu dengan daerah lainnya. Besar kecilnya penghasilan tadi ditentukan oleh peraturan kepala daerah dimana desa itu berada dan juga menurut kemampuan daerah itu. Untuk penghasilan tetap perangkat desa akan berbeda-beda pula tergantung kebijakan pemerintah daerah setempat. Begitu pula dengan daerah Kecamatan Rangsang Pesisir yaitu Desa Tanah Merah juga memiliki peraturan yang sama seperti yang dijelaskan diatas. Kepala Desa Tanah Merah juga memakai peraturan tersebut dalam menetapkan honor perangkat desanya sendiri. Baik itu honor kaur pembangunan, kaur pemeritahan, staf, dan aparatur desa yang lainnya juga berbeda-beda.

Facebook Comments

Jadi yang Pertama Berkomentar

Komentar & Saran Anda :